6 Alasan Mengapa Kita Harus “Say No To Drugs”

  1. Narkoba itu membahayakan kesehatan. Berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa narkoba berdampak pada kerusakan syaraf sehingga membuat tubuh dan pikiranmu menderita. Hal yang harus diingat bahwa seluruh jenis narkoba itu berbahaya dan dapat merusak tubuh, tidak ada narkoba yang aman bagi tubuh. Kerja otak dan organ tubuh lainnya seperti jantung, hati, ginjal, dan paru-paru juga akan terganggu sehingga dapat mengakibatkan kematian. Masih mau meninggal duna sia-sia hanya karena narkoba?
  2. Penyalahgunaan narkoba adalah pelanggaran hukum. Jika kamu terbukti melakukan penyalahgunaan narkoba maka bersiaplah untuk mendapat sanksi pidana yang akan menghancurkan masa depanmu dan merusak nama baikmu. Kamu akan sulit mendapatkan pekerjaan jika pernah mendapatkan sanksi pidana, selain itu kamu juga harus siap mendapat sanksi norma dari masyarakat. Sangat tidak cerdas jika masih mau menukar masa depan hanya dengan kepuasan sesaat.
  3. Narkoba tidak membuatmu terlihat kuat dan keren. Narkoba justru membuatmu terlihat seperti orang yang lemah, lesu, dan tidak bertenaga (retardasi psikomotor). Mau terlihat kuat dan keren? berprestasi dalam bidang yang kamu jalani, olahraga, mengkonsumsi makanan bergizi dan seimbang, serta melakukan aktivitas yang positif adalah kuncinya.
  4. Narkoba merusak tatanan kehidupan. Pengguna narkoba tidak akan bisa menikmati kehidupannya karena mereka tidak dapat berfungsi secara normal dalam kehidupannya dan memberi pengaruh yang merusak pada orang sekelilingnya. Mereka tidak bisa bergaul secara normal dengan keluarga, teman, dan masyarakat di sekitarnya bahkan juga tidak mampu menghadapi dan memecahkan suatu masalah. Melakukan hal yang positif dengan mengerahkan seluruh kemampuan yang dimiliki justru akan membuat kamu menikmati kehidupan.
  5. Narkoba itu menyesatkan. Masih percaya bahwa memakai narkoba hanya untuk iseng dan hanya mencoba sekali tidak akan menyebabkan ketagihan? jika kamu masih mempercayainya, ayo mulai sekarang hilangkan kepercayaan itu dari pikiran kamu, karena narkoba memiliki sifat adiktif (ketergantungan). Walaupun hanya sekali kamu mencoba narkoba tetap saja akan timbul ketagihan dan efeknya secara kejiwaan akan tetap ada seumur hidup dan ini menyebabkan kamu akan terikat oleh narkoba selama hidup kamu. Selalu membentengi diri dengan keimanan yang kuat, tetap waspada dan tidak mudah terbujuk oleh rayuan menggunakan narkoba adalah langkah untuk bebas merasakan narkoba.
  6. Narkoba tidak akan membantumu melepaskan diri dari masalah. Narkoba justru akan menambah masalah karena penyalahgunaan narkoba adalah tindakan pidana. Narkoba hanya akan menolong melupakan masalah hanya untuk sementara bukan selamanya. (Nunung)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Badan Narkotika Nasional
Provinsi Nusa Tenggara Barat

Jl. Doktor Soedjono, Lingkar Selatan, Mataram, NTB
Telp. (0370) 6177414, 6177418
Fax. (0370) 6177413
Contact Center : 0852 3894 4442