Menanggulangi terbatasnya ketersediaan layanan rehabilitasi yang di kelola oleh pemerintah khususnya di NTB

Penyalahgunaan narkoba saat ini sudah menjadi masalah global yang mengakibatkan  dampak buruk pada berbagai bidang kehidupan masyarakat dan bangsa meliputi aspek kesehatan, pendidikan, pekerjaan, kehidupan sosial, dan keamanan. Hal ini diakibatkan meningkatnya jumlah penyalah guna secara pesat, dimana prevalensi penyalah guna narkoba telah meningkat secara signifikan dari 1,9% pada tahun 2008 menjadi 2.2% pada tahun 2011 dari populasi penduduk usia 10 s.d. 59 tahun atau sekitar 3,7 s.d. 4,7 juta jiwa,  yang terdiri dari 27% kelompok coba pakai, 45% kelompok teratur pakai, dan 26% kelompok pecandu bukan suntik dan 2 % kelompok pecandu suntik (jurnal data BNN 2011).
Peningkatan jumlah penyalah guna tidak dibarengi oleh peningkatan jumlah layanan baik secara kuantitatif maupun kualitatif yang terjangkau dari aspek biaya, lokasi dan waktu. Hal ini Bidang Pencegahan BNN Propinsi NTB melaksanakan kegiatan FGD kepada lingkungan Instansi Swasta yang berasal dari unsur Rumah Sakit swasta, Klinik swasta, Pondok Pesantren, Panti Sosial dan Out Reach Centre (ORC) di Kota Mataram (11/06/2014).
Dalam kegiatan FGD ini menghadirkan Kepala BNNP NTB, Drs. H. Mufti Djusnir, Apt. M.Si, Dinas Sosial dan Catatan Sipil NTB, Lalu Sumantri, SH, Rumah sakit jiwa Prov.NTB, Ibu Tri Wahyuni, S. Kep, dan juga ada Pimpinan Pondok Pesantren, TGH. Shafwan Hakim. Peserta FGD upaya rehabilitasi di lingkungan instansi pemerintah sebanyak 25 orang  yang berasal dari unsur Rumah Sakit swasta, Klinik swasta, Pondok Pesantren, Panti Sosial dan Out Reach Centre (ORC) di Kota Mataram.
FGD kali ini memberikan gambaran tentang penyelamatan pecandu, peyalahguna dan korban penyalahgunaan narkotika dari jeratan sindikat peredaran gelap narkotika serta mendorong aparat penegak hukum di dalam memproses kasus pengguna narkoba lebih berorientasi pada penghukuman rehabilitasi. (Yandi)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Badan Narkotika Nasional
Provinsi Nusa Tenggara Barat

Jl. Doktor Soedjono, Lingkar Selatan, Mataram, NTB
Telp. (0370) 6177414, 6177418
Fax. (0370) 6177413
Contact Center : 0852 3894 4442