Hotel Bisa Jadi Percontohan Zero Narkoba

Kepala BNNP NTB saat menempelkan stiker "Stop Narkoba"
Mataram – Beragam upaya yang dilakukan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi NTB dalam rangka mencegah penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba. Banyak hotel ternama di Kota Mataram dan Lombok Barat satu persatu didatangi, kemudian di tempeli stiker “Stop Narkoba”. Harapannya, hotel tersebut menjadi objek percontohan zero peredaran narkoba.
Setelah menyasar sejumlah hotel di Kota Mataram beberapa pekan lalu, selasa (16/2) tim BNN Provinsi NTB mendatangi sejumlah hotel di kawasan wisata Senggigi, Lombok Barat. Pertama didatangi Hotel Jayakarta. Kepala BNN Provinsi NTB Kombes Pol. Drs. Sriyanto, M.Si ditemui langsung General Manager (GM) Cherry Abdul Hakim. Setelah sempat berdialog, akhirnya keduanya bersama-sama menempelkan stiker “Stop Narkoba” pada kaca sebuah ruangan terbuka dekat resepsionis.
Cherry Abdul Hakim mengapresiasi kedatangan BNN Provinsi NTB “Ya kami senang, bahkan mendukung penuh agar hotel bersih dari narkoba,” ucap GM Hotel Jayakarta.
Setelah itu, tim menuju Hotel Graha Senggigi. Setiba di Hotel Graha Senggigi tim BNN Provinsi NTB menemui GM, Firman. Diungkapkan Firman, hotel butuh branding positif untuk kenyamanan tamu. Sehingga sangat dihindari jangan sampai dimasuki pengguna narkoba. “Kalau sudah ada narkoba masuk, apalagi ada penangkapan, ini kan jadi citra buruk buat kami. Jadi, sekuat tenaga kami akan berusaha membuat hotel ini bebas narkoba,” Ucap Firman GM Hotel Graha Senggigi dihadapan Kepala BNN Provinsi NTB. Bahkan secara proaktif akan melapor ke BNN ketika menemukan pengguna narkoba di hotel tersebut.
Kemudian tim bergerak ke Hotel The Santosa dan berakhir di Hotel Holiday In, masih di kawasan wisata Senggigi. Kepala BNN Provinsi NTB mengapresiasi khusus hotel tersebut, karena mendapat predikat hotel yang zero narkoba dan zero alkohol. Hotel di Pulau Lombok ini dikenal sangat mendukung program Pemprov NTB halal tourism.
Kepala BNN Provinsi NTB Kombes Pol. Drs. Sriyanto, M.Si memastikan semua hotel akan diajak melakukan hal yang sama, sebagai salah satu cara sederhana cegah narkoba. “Ini salah satu metode kami untuk sosialisasi pencegahan narkoba.” Dengan penempelan stiker, diharapkan membawa efek psikologis kepada pengelola hotel dan karyawan. Sehingga ada rasa tanggung jawab mencegah dari dalam diri sendiri, termasuk lingkungan kerja. Kepada pengunjung juga diharapkan membawa dampak, dengan melihat stiker yang ditempel pada tempat strategis di bagian depan hotel, bisa menjadi peringatan tersendiri bagi pengunjung, bahwa hotel itu memang kawasan bebas narkoba dan menjadi pantauan khusus BNN. (Humas BNN Provinsi NTB)


0 komentar:

Posting Komentar

 
Badan Narkotika Nasional
Provinsi Nusa Tenggara Barat

Jl. Doktor Soedjono, Lingkar Selatan, Mataram, NTB
Telp. (0370) 6177414, 6177418
Fax. (0370) 6177413
Contact Center : 0852 3894 4442